TARIANKU

semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang membacanya, penari, pecinta tari, pengamat tari dan juga guru-guru tari. Serta seniman-seniman baik tari, musik maupun teater. salam budaya.

Wednesday, February 13, 2013

SANG PAMOMONG
Oleh Tien Kusumawati, S. Pd
 

 Sang Pamomong merupakan karya tari saya berikutnya, Tarian ini sudah dipentaskan pada SIDF (Sibu International Dance Festival) beberapa waktu lalu di Sibu, Sarawak,Malaysia.

Tentang Sang Pamomong.
Pamomong berarti sebagai panutan. Seorang guru, adalah sosok pembimbing yang menjadi panutan anak yang di momong atau anak didiknya. Apapun yang dilakukan guru, anak-anak cenderung mengikutinya. Pepatah mengatakan guru kencing berdiri murid kencing berlari. Ketika guru mengajarkan hal-hal yang baik, maka murid akan mengikuti yang baik pula. Demikian sebaliknya, ketika guru melakukan hal yang kurang baik, murid senantiasa melakukan hal yang kurang baik pula.
Dari kejadian inilah muncul ide garapan sang pamomong. Bahwa hal baik maupun tidak baik, bagi kita, senantiasa mengikuti apa yang orang lain lakukan, tidak hanya pada murid atau anak-anak, tetapi pada semua usia. Latah!!!!!! Mengikuti yang lain meskipun hal yang diikuti tidak pantas atau kurang baik. Jaman sekarang ini orang akan mengikuti apa yang orang lain lakukan.
Ide garap yang disajikan adalah seorang penari yang sedang menari dan kemudian ditirukan oleh penari lain. Semua gerakannya ditiru penari lain, meski gerak yang ditarikan salah atau kurang baik. Kemanapun sang pnari itu bergerak, tetap saja diikuti dan ditiru gerakannya. Bergantian penari yang satu menjadi contoh (ditiru) oleh penari yang lain. Pada akhirnya semua penari menari secara serempak.
Terdiri dari beberapa gerak, yang pada akhirnya gerak dilakukan bersamaan dengan melakukan pengulangan gerakan yang sama secara bersama. Ending karya dengan menarikan gerakan secara berulang dengan gerakan kompak yang makin lama makin cepat, sambil masuk arena.
Terdiri dari 3 penari. 1 orang penari sebagai pembawa gerak, sedang yang lain sebagai peniru gerak. Tidak menutup kemungkinan untuk jumlah penari, bisa dilakukan orang banyak sebagai peniru gerak.

No comments:

Post a Comment