TARIANKU

semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang membacanya, penari, pecinta tari, pengamat tari dan juga guru-guru tari. Serta seniman-seniman baik tari, musik maupun teater. salam budaya.

Sunday, February 17, 2013

My Choreography SRIMPI GUITAR



Tari Srimpi Guitar adalah karya tari saya selanjutnya. Tarian ini masih mengacu pada karya tari sebelumnya. Yaitu Gambyong Guitar. 

Masih tentang gitar kali ini saya coba terapkan pada tari Srimpi. Tari Srimpi merupakan tari kelompok yang terdiri dari 4 penari yang masing-masing mewakilan 4 arah mata angin, yakni timur, barat,utara dan selatan. Masing-masing penari memerankan tokoh, yakni batak, gulu, dada dan buncit. Masing-masing gerak mewakili tokoh yang diperankan. Tokoh dalam tari ini adalah Batak, Gulu, Dada,dan Buncit. Tari srimpi berasal dari kata impen yang berarti mimpi. Setiap orang yang melihat pementasan diharapkan dapat masukkealam lain (mimpi). Namun kali ini, tari srimpi gitar tidak mewakili tokoh yang ada dalam tari srimpi tersebut. Tarian ini memadukan musik gitar klasik dengan gerakan tari tradisional klasik pula. Berharap bahwa setelah melihat penampilan para penari Srimpi gitar, penonton dibawa kea lam mimpi ntuk menemukan imajinasi-imajinasi lain pada sebuah karya tari. Musik tarian ini merupakan karya original dari sang musisi. Dengan alat musik gitar klasik. Gerakan pada tari srimpi gitar dilakukan secara serentak bersama-sama (seperti pada tari-tari Srimpi yang ada). 
Beberapa gerakan dalam tari srimpi gitar yang mengacu pada gerakan dasar tari tradisional adalah :
1. Lumaksana kapang-kapang
2. Nikelwarti
3. Jengkeng - sembahan
4. Gajah-gajahan
5. Golek iwak
6. Lumaksana lembehan
7. Manglung
8. Srisig
9. Panahan kanser
10. Srisig
11. Nikelwarti- berdiri
12. Lumaksana lembehan

2 comments: