TARIANKU

semoga bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang membacanya, penari, pecinta tari, pengamat tari dan juga guru-guru tari. Serta seniman-seniman baik tari, musik maupun teater. salam budaya.

Sunday, March 3, 2013

PAGELARAN DAN PAMERAN SENI BUDAYA


Liputan kegiatan
Pagelaran dan Pameran MGMP Seni Budaya SMP se- Kabupaten Tegal
Slawi, 31 Januari-3 Pebruari 2013

Pagelaran dan Pameran MGMP Seni Budaya SMP se-Kabupaten Tegal dalam rangka menyongsong Kurikulum 2013 dan Pendidikan Karakter. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis sampai Minggu, tanggal 31 Januari sampai 3 Pebruari 2013 yang lalu. Bertempat di Gedung Rakyat, Dewan Kesenian Kabupaten Tegal, Slawi, menampilkan beberapa kegiatan seperti pagelaran seni, pameran dan lomba-lomba. Pagelaran Seni diisi dengan pementasan-pementasan dari guru-guru Seni Budaya. Diantaranya, penampilan musik keroncong dari kelompok musik keroncong Edu Gita, Karya tari garapan baru, penampilan tari tradisional, Gamelan siswa-siswa, dan piano performance dari Guru Seni Budaya. Sedang pameran seni berisi karya seni rupa dari guru-guru Seni Budaya. Pameran seni rupa berlangsung selama 4 hari. Selain pagelaran dan pameran, kegiatan ini dimeriahkan pula dengan apresiasi musik untuk siswa dan lomba solo song serta lomba mewarnai.
Pembukaan acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Januari 2013, dibuka oleh Bupati Tegal, Bp. Heri Soelistyawan, SH, M.Hum yang ditandai dengan sebuah goresan di atas kanvas. Acara pembukaan diisi dengan pagelaran seni. Diawali dengan penampilan gamelan siswa-siswi dan keroncong Edu Gita sebagai sambutan kepada para tamu. Acara inti diawali dengan penampilan Tari khas Tegal yakni Topeng Endel yang dibawakan oleh 2 panari yang tidak lain adalah guru Seni Budaya, mereka adalah Dewi Pristianti Sahara, S. Pd dan Yermi Arnani, S. Sn, Selanjutnya adalah laporan dari Ketua panitia yang merupakan ketua MGMP Seni Budaya SMP Kabupaten Tegal, Mujiarti, S. Pd. Dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Drs. H. Edi Pramono. Sambutan terakhir adalah sambutan dari Bupati Tegal sekaligus membuka kegiatan Pagelaran dan pameran seni budaya yang ditandai dengan goresan kuas diatas kanvas.
Pagelaran seni dimulai, dengan susunan acara sebagai berikut :
1.      PEMBUKAAN
2.      LAPORAN KETUA PANITIA (IBU MUJIARTI, S. Pd)
3.      SAMBUTAN KEPALA DINAS
4.      SAMBUTAN BUPATI TEGAL (sekaligus membuka PAMERAN DAN PAGELARAN SENI)
5.      DOA
6.      PAGELARAN SENI OLEH GURU-GURU SENI BUDAYA KAB. TEGAL
Pagelaran diawali penampilan keroncong Edu Gita, membawakan 2 buah lagu. Keroncong Edu Gita merupakan grup keroncong guru-guru seni musik dengan formasi pemain sebagai berikut : Mujiarti, S. Pd (vocal), Topan Yuniarto, S.Pd (Okulele Cuk), Endri Muris, S. Pd (Bass), Junaedi (Gitar), Jaya Rudi (Gitar), Nasukha (Biola), Koska, S. Pd (Keyboard), Agus Pamungkas, S. Pd (Okulele Cak)

Selanjutnya penampilan Piano Performance oleh Yuni Suparti, S. Pd dengan memainkan lagu Love Story, Lion King dan Yellow Bird.






Penampil selanjutnya adalah Diah Wardani Sitoresmi, S.Pd dan Endang Sadiningsih, S. Pd dengan membawakan tari Srikandi-Mustakaweni. 
Ada pula pembacaan puisi Tegalan oleh Yuwidah, S.Pd. Dilanjutkan lagi dengan penampilan Grup keroncong Edu Gita.
 


 


 Tarian berikutnya adalah sebuah tarian garapan baru yang merupakan koreografi dari Tien Kusumawati, S.Pd, Dancing Relief, dengan susunan penari : Tien Kusumawati, S. Pd, Yuni Suparti, S. Pd, Sri Supeni, S. Pd, Lies Prasetyaningsih, S. Pd, Rini Aprilia Susanti, S. Pd, Martha Purnasari Dewi.

Penampilan selanjutnya adalah Piano performance oleh Fajar Sukma membawakanFur Elise dari Ludwig Van Beethoven. 

Dilanjutkan lagi dengan penampilan dari Edu Gita. Pagelaran diakhiri dengan penampilan Sendratari garapan guru-guru seni tari dengan lakon Jaka Tarub. Pemain yang terlibat dalam sendratari ini adalah : Nurwahyu, S.Pd, T. Munafiatun, S. Sn, Wahyu, S. Sn, Yermi Arnani, S. Sn, Diah Wardani Sitoresmi, S. Sn, Endang Sadiningsih, S. Pd, Tri Asih, S. Pd, dan lain-lain. Pagelaran ditutup dengan menyanyikan lagu Kemesraan oleh semua yang terlibat dalam pagelaran.

Hari Jumat, 1 Pebruari 2013, diisi dengan kegiatan apresiasi seni musik oleh PT Kawai Indonesia, yang merupakan salah satu sponsor dalam kegiatan ini. Apresiasi musik berupa pengenalan alat musik piano (grand piano Kawai) dari sejarah piano, bagian-bagian piano, sampai cara bermain piano. Kegiatan apresiasi ini diikuti oleh siswa-siswi SMP yang ingin mengenal lebih dekat tentang piano. Bahkan mereka secara langsung berinteraksi secara langsung dengan piano, melihat bahkan memainkannya dengan bimbingan pemusik sekaligus advisor dari PT Kawai Indonesia.



Hari Sabtu, 2 Pebruari 2013
Kegiatan pentas seni siswa, menampilkan seni-seni yang merupakan garapan dari guru-guru Seni Budaya. Masing-masing sekolah menampilkan 1 sajian, berupa tarian (tari tradisional, kreasi baru maupun tari garapan baru), nyanyian, piano performance, musik, dan seni pencak silat.
Secara lengkap susunan acara pentas seni pada hari Sabtu adalah sebagai berikut :
1.      TARI TOPENG ENDEL                                               (SMP N. 2 SURADADI)
2.      REBANA                                                                      (SMP N. 2 DUKUHTURI)
3.      PENCAK SILAT                                                           (SMP N. 2 DUKUHTURI)
4.      NYANYI TEGALAN                                                    (SMP N. 2 BALAPULANG)
5.      TARI BALADEWAN                                                    (SMP N. 1 ADIWERNA)
6.      LAGU “SIMPHONI YANG INDAH”                           (SMP N. 3 SLAWI)
7.      TARI BONDHAN TANI                                               (SMP N. 1 LEBAKSIU)
8.      PIANO PERFORMANCE “FUR ELISE “                    (SMP N. 1 SLAWI)
9.      TARI THE RAINBOW OF STORY                              (SMP N. 2 TARUB)
10.  NYANYI TUNGGAL                                                    (SMP N. 1 DUKUHWARU)
11.  TARI KUNTULAN                                                       (SMP N. 5 ADIWERNA)
12.  NYANYI TUNGGAL “ABG TUA”                               (SMP N. 1 PANGKAH)
13.  TARI TERANG BULAN                                               (SMP N. 1 TALANG)
14.  SOLO VOCAL “DIRANTAI DIGELANGI RINDU”   (SMP N. 3 ADIWERNA)
 

Kegiatan MGMP ini ditutup pada hari Sabtu, 3 Pebruari 2013 dengan lomba-lomba. Yakni lomba mewarnai untuk siswa Taman Kanak-Kanak, dan lomba solo song untuk siswa-siswi Sekolah Dasar se-Kabupaten Tegal. Jumlah peserta lomba mewarnai sebanyak 150 peserta dan lomba solo vocal diikuti oleh 36 peserta dari 18 kecamatan. Tiap Kecamatan mengirimkan 1 peserta putra dan 1 peserta putri. Masing-masing pemenang mendapatkan tropy kejuaraan.

Demikian liputan singkat dari Pagelaran dan Pameran Seni MGMP Seni Budaya Kabupaten Tegal dalam rangka menyongsong Kurikulum 2013 dan Pendidikan Karakter. Sukses MGMP Seni Budaya SMP se-Kabupaten Tegal.

1 comment:

  1. Mantapbs...
    Semangat berkarya memajukan Seni Budaya Tegal...

    ReplyDelete